Manfaat
Aplikasi Komputer pada Perkantoran
Informasi dalam berbagai hal
menjadi amat penting bagi semua bentuk perusahaan. Kegagalan suatu perusahaan
untuk mencerna informasi akan berakibat kepada lemahnya daya saing perusahaan
tersebut terhadap perusahaan lain yang sejenis. Kecepatan dunia usaha
beradaptasi dengan teknologi komputer, khususnya di Amerika berjalan dengan
sesuai dengan perkembangan komputer itu sendiri. Karena bagi pengusaha
penggunaan komputer di suatu perkantoran diharapkan dapat meningkatkan mutu
pelayanan dan efisiensi kerja mereka.
Pada
tahap awal mereka menggunakan komputer untuk data administrasi yang sarat
dengan perhitungan angka seperti pembukuan untuk penerimaan dan pengeluaran,
daftar gaji dan penagihan. Selain kemampuan komputer untuk mengolah data yang
cukup besar juga membawa masalah baru seperti penyediaan tenaga ahli,
pendidikan staf perusahaan serta resahnya sebagian dari personalia perusahaan
akan terjadinya pemutusan kerja. Tetapi sedikit demi sedikit persoalan tersebut
dapat diatasi. Para pengusaha berusaha untuk beradaptasi dengan komputer hingga
akhirnya komputer mendapatkan tempatnya di dunia usaha.
Perkembangan Pengolahan
Data
Pada
akhir tahun enam puluhan, komputer telah banyak dipakai di perusahaan-perusahaan
Amerika diantaranya untuk membantu menangani pengolahan data Administrasi
Personalia, Pembukuan, Inventaris barang, Pembelian dan Penjualan, dan
lain-lain.
Melihat
aplikasi komputer pada bidang ini mengakibatkan para pengusaha melihat
kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan pemanfaatan informasi. Kendali
perusahaan menjadi lebih baik, dengan tersedianya data yang diperlukan.
Sejalan dengan
perkembangan teknologi komputer, jenis aplikasi pengolahan data pun semakin
meluas, sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Macam – macam aplikasi
computer yang digunakan di perusahaan
1. Sistem Informasi
Managemen (SIM)
sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada
perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada
perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Di perusahaan dagang
seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir)
yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol
oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat,
untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi
laba, inventori dan sebagainya.
2. Arsip Elektronik
Dasar pemikiran
timbulnya gagasan otomasi perkantoran karena sebagian dari
waktu kerja pegawai habis untuk melakukan hal-hal yang tidak produktif,
antara lain :
a. Banyaknya
staf yang menghabiskan waktunya dengan membuka
arsip
dokumen, untuk mencari bahan yang diperlukan.
b. Para
Sekretaris sangat sibuk dengan tugas administratifnya.
Hal-hal
tersebut diatas ternyata dari sudut efisiensi
kerja sangat merugikan. Tanggapan mengenai masalah diatas
adalah dengan memanfaatkan komputer untuk melakukan beberapa
pekerjaan kantor. Diantaranya adalah masalah pengaturan arsip yang disimpan
secara elektronis.
Keuntungan arsip elektronik
:
- Mudah dikirim ke
bagian-bagian yang membutuhkan, melalui jalur
komunikasi
- Pencarian dokumen mudah
dilakukan
- Kegiatan manajemen,
seperti pengaturan jadwal.
Penggunaan
teknologi baru biasanya menimbulkan masalah sosial, bagi
pihak yang menyangsikan kegunaanya.Mereka takut akan hilangnya kontak sosial diantara
pekerja dengan kata lain komunikasi elektronik akan mengisolasi pekerja dari
lingkup sosialnya.
3. Pengolahan Kata (Word
Processing).
3. Pengolah kata adalah suatu
program aplikasi yang dirancang khusus dan mempunyai fungsi sebagai alat bantu
untuk pembuatan sebuah tulisan atau dokumen pada komputer. Kata-kata dan
kalimat tersebut dapat dibuat sesuai dengan keinginan kita, baik dari jenis
huruf, tata letak dan lainnya. Dahulu pengolah kata yang dikenal dan banyak
digunakan adalah “Wordstar” dan “WordPerfect”.
Saat ini, pengolah kata yang
banyak digunakan adalah “Microsoft Word” for windows mulai dari versi word 3.X,
word 6.0, word97, word2000 dan saat ini word XP. Microsoft word for windows
banyak digunakan karena sudah cukup lengkap sebagai aplikasi pengolah kata dari
pengetikan yang sederhana sampai yang rumit. Selain itu juga versi dari
Microsoft word yang ada selalu kompatibel (dapat digunakan) dengan versi
sebelumnya.
4. Surat elektronik.
Pengiriman
surat atau pesan secara elektronis, baik tulisan maupun gambar dengan beberapa
cara penyampaian :
1. Melalui
jalur komunikasi umum ( telepon,komputer,pos).
2. Dengan
Facsimili.
3. Komputer
yang terhubung dalam jaringan (LAN)
5. Konferensi Jarak Jauh
Konferensi
melalui komunikasi jarak jauh untuk menyalurkan
data,
suara dan gambar.
panggilan Teleconference adalah
alternatif yang sangat baik bagi perusahaan yang perlu berkomunikasi secara
efektif dengan karyawan mereka di semua lokasi dan bahkan dengan klien yang
tidak lokal. Manfaat utama dari teleconferencing, dibandingkan dengan hanya
mencoba untuk berkomunikasi meskipun email, faks dan pesan suara, atau bahkan
satu-satu percakapan telepon adalah bahwa sekelompok orang dapat mendengar
informasi yang sama pada waktu yang sama. Ini adalah manfaat utama yang sama
mengadakan rapat, untuk menyebarkan informasi kepada kelompok sehingga setiap
orang yang terlibat menerima informasi yang sama persis.
Menggunakan pertemuan teleconference memungkinkan kelompok untuk bertemu tanpa harus berada di lokasi fisik yang sama. Ini berarti bahwa setiap orang yang perlu informasi, atau yang perlu berpartisipasi dalam beberapa jenis diskusi atau acara pengambilan keputusan, bisa melakukannya dari kenyamanan kantor mereka sendiri.
Hal ini secara drastis dapat mengurangi biaya perjalanan bagi perusahaan dan juga dapat membantu agar para eksekutif dan karyawan kunci yang berharga lainnya dari menjadi dikeringkan dan tertekan oleh tuntutan perjalanan. Dengan telekonferensi, orang dapat memiliki akses ke semua informasi yang mereka biasanya ada di kantor mereka sendiri, dan mereka hanya perlu untuk panggilan ke layanan telekonferensi pada waktu yang tepat.
Selain itu, bahan rapat dapat dikirim ke depan secara fisik melalui kurir atau jasa pengiriman, atau bahan dapat dikirim secara digital, melalui lampiran email yang masing-masing peserta dapat mencetak pada akhir mereka. Dalam kebanyakan kasus, teleconference host oleh sebuah perusahaan yang menyediakan layanan telekonferensi grup.
Menggunakan pertemuan teleconference memungkinkan kelompok untuk bertemu tanpa harus berada di lokasi fisik yang sama. Ini berarti bahwa setiap orang yang perlu informasi, atau yang perlu berpartisipasi dalam beberapa jenis diskusi atau acara pengambilan keputusan, bisa melakukannya dari kenyamanan kantor mereka sendiri.
Hal ini secara drastis dapat mengurangi biaya perjalanan bagi perusahaan dan juga dapat membantu agar para eksekutif dan karyawan kunci yang berharga lainnya dari menjadi dikeringkan dan tertekan oleh tuntutan perjalanan. Dengan telekonferensi, orang dapat memiliki akses ke semua informasi yang mereka biasanya ada di kantor mereka sendiri, dan mereka hanya perlu untuk panggilan ke layanan telekonferensi pada waktu yang tepat.
Selain itu, bahan rapat dapat dikirim ke depan secara fisik melalui kurir atau jasa pengiriman, atau bahan dapat dikirim secara digital, melalui lampiran email yang masing-masing peserta dapat mencetak pada akhir mereka. Dalam kebanyakan kasus, teleconference host oleh sebuah perusahaan yang menyediakan layanan telekonferensi grup.
6. Information Retrieval
Pengambilan
kembali informasi/data yang telah disimpan dalam komputer.
7. Kegiatan Manajemen.
Kegiatan ini
memanfaatkan komputer untuk mengingatkan para
pengelola
tentang jadwal-jadwal penting,pengaturan jadwal
proyek, jadwal
penugasan, dll.
SEKILAS TENTANG OTOMATISASI
PERKANTORAN
Otomatisasi
dimulai di pabrik dan menyebar ke kantor dalam bentuk otomatisasi kantor
(office automation), atau OA.
Awalnya OA dimasudkan untuk membantu pekerja
sekretarial dan administratif, kemudian meningkat pada tingkat manajer dan
profesional sebagai pemakai untuk meningkatkan produktifitas mereka
Sedikitnya ada 11 penerapan OA, ada yang
menggunakan komputer ada pula yang tidak. Penerapan OA dipengaruhi oleh :
jenis organisasi, pilihan pribadi
manajer, dan sumberdaya OA yang tersedia
MANFAAT
Automatisasi Perkantoran
merupakan kaitan berbagai komponen dalam menangani informasi; mulai dari input
hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan
campur tangan manusia secara minimal. Dengan demikian akan membuat informasi
menjadi lebih mudah dan murah digunakan, dipindahkan, dan dirawat. Pada
akhirnya dapat meletakkan landasan yang kuat untuk integrasi informasi sehingga
perusahaan mampu berkompetisi lebih baik (competitive advantage)
Dengan mempelajari matakuliah
ini, mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam matakuliah Pengantar
PDE, Sistem Informasi Manajemen dan Jaringan Komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar